Program Studi
Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammdiyah Karanganyar(UMUKA) Solo dirancang untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di berbagai bidang komunikasi, seperti media, periklanan, public relations, dan komunikasi digital. Kurikulum yang selalu diperbarui memastikan mahasiswa memiliki keterampilan praktis dan kemampuan analisis yang tajam, serta berlandaskan nilai-nilai Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Keindonesiaan.

Berbagai program unggulan, seperti Social Media Management dan Project Plan Outlook sebagai alternatif penyelesaian studi, ditawarkan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan relevan di dunia kerja. Melalui jaringan kerjasama dengan berbagai industri dan lembaga, lulusan siap bersaing dan memberikan kontribusi nyata di dunia profesional.

Profile Lulusan

Broadcaster

Profesional yang berkerja mengelola dan melaksanakan proses produksi siaran di radio atau televisi. Praktisi penyiaran yang mampu mendesain program siaran radio dan televisi, menulis naskah program, memproduksi program, dan menyiarkannya. (Announcer, Produser, Penulis Naskah, Sutradara)

Jurnalis Media

Profesional di bidang pemberitaan, mengumpulkan dan menganalisis informasi, untuk dipublikasikan di media konvensional maupun digital. (Reporter, News Anchor, Fotografer, Editor)

Public Relations

membantu perusahaan, lembaga atau individu dalam membangun reputasi/citra positif terhadap publik dengan berbagai strategi komunikasi melalui media termasuk media mainstream atau konvensional, dan media digital. Mampu membantu klien mempertahankan reputasi mereka selama krisis yang mengancam kredibilitas mereka. (Konsultan PR, Marketing Communicaton, Social Media Spesialist, Event Organizer)

Digital Entrepeneur (DE)

Pelaku usaha mandiri yang melakukan aktivitas bisnis yang memanfaatkan media digital serta mampu mengembangkan digital start up, mendesain produk, dan memasarkannya melalui media sosial (Entrepeneur, Media Analyst)

Digital Content Creator (DCC)

Menghasilkan karya berupa materi kreatif (konten) untuk media digital. Baik berupa gambar, video, fotografi, maupun teks. Dengan demikian dapat berkerja di perusahaan maupun secara mandiri sebagai influencer, vlogger dll

Scientific Communication Professional

Pengamat profesional dibidang audio-visual, komunikasi budaya, komunikasi politik, media sosial dan sebagai peneliti muda dalam aspek komunikasi (Peneliti Akademis, Ilmuan)

Scroll to Top